Beranda » Tempat Wisata » Kampung Expresi Muncar, Panggung Alami Budaya Asli Banyuwangi

Kreatifitas masyarakat Banyuwangi tak pernah berhenti. Kali ini salah satu desa di Muncar Banyuwangi mencoba membuat area wisata sosial budaya baru dengan nama Kampung Expresi Banyuwangi. Lebih tepatnya beralamat di Desa Curahpacul, Muncar, Banyuwangi.

Konsep dari Kampung Expresi adalah mengenalkan kebudayaan kepada masyarakat setempat dan wisatawan pada umumnya untuk melestarikannya. Meski hanya berlokasi di bawah area pepohonan jati, Kampung Expresi akan memberikan kekaguman kepada para pengunjung dari semua suguhan atraksinya.

Kampung Expresi Banyuwangi ini menyajikan 3 konsep wisata, yaitu 1) back to nature dan mengenal lingkungan pedesaan, 2) wisata budaya dan kesenian, dan 3) wisata kuliner.

Back to nature yang dimaksud adalah setiap wisatawan akan dikelilingi area Kampung Expresi yang terdiri dari hutan jati semak-semak, sungai, dan persawahan yang mengelilingi.

Sedangkan konsep wisata budaya dan seni adalah suguhan atraksi dari panitia pengelola sekitar, seperti atraksi seni Tari Gandrung, Tari Kuntulan, Panjak Gamelan, dan lain sebagainya. Semuanya tersaji dalam panggung expresi yang cukup luas dan berada di pinggir sungai dengan sudut pandang mirip stadion.

Adapun konsep kuliner yang disuguhkan adalah warung-warung tradisional yang berada di sekitar area Kampung Expresi dimana mereka menjual makanan dan camilan khas Banyuwangi seperti Keltik, Cewul, Dawet, dan lain sebagainya. Yang khas juga dari wisata ini adalah kuliner Sego Petik yang hingga kini menjadi misteri kuliner terbaru Banyuwangi.

BACA JUGA: Camilan Khas Banyuwangi

Kuliner - Kampung Expresi Banyuwangi

Selain itu juga, di area ini diberlakukan mata uang khusus yang berupa sejenis koin. Koin ini digunakan untuk membeli semua produk kuliner dan jajanan yang dijual di Kampung Expresi Banyuwangi. Harga nilai tukar koin tersebut adalah 1 koin setara dengan Rp. 2.500,-.

Lokasi Kampung Expresi Banyuwangi

Lokasi wisata ini cenderung berada di daerah Banyuwangi selatan. Tepatnya di Desa Curahpacul, Tembokrejo, Muncar. Berikut lokasi maps yang bisa Anda tuju ke lokasi tersebut.

Harap berhati-hati karena jalan yang dilewati agak sempit untuk kendaraan mobil, serta tekstur jalan beberapa ada yang berlubang dan tanah bebatuan.

Informasi Tambahan

  • Belum ada info pasti apakah Kampung Expresi Banyuwangi ini akan dibuka setiap hari atau tidak. Namun menurut panitia setempat, setelah pembukaan (grand opening) di 29 April 2019 ini panitia akan membuat Kampung Expresi ini setiap hari Sabtu dan Minggu.
  • Waktu yang tepat untuk berkunjung di lokasi wisata ini adalah saat pagi, siang, atau sore hari.
  • Karena lokasi wisata berada di sekitar semak-semak, mohon berhati-hati terhadap banyaknya nyamuk disekitar area terutama bila membawa balita.
  • Harga tiket masuk kepada wisatawan yang berkunjung gratis, adapun parkir kendaraan berkisar Rp. 3.000,- s/d Rp. 5.000,-
  • Bawalah payung untuk antisipasi kala turun hujan. Tidak banyak tempat berteduh yang disediakan disana.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Simple Principle: Warga asli Banyuwangi. Lahir di Banyuwangi. Hidup di Banyuwangi. Siap mengangkat nama baik Banyuwangi ke seluruh penjuru dunia.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Content is protected !!