Beranda » Tempat Wisata » Pesona Obyek Wisata Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi

Jawa Timur merupakan provinsi yang memiliki sejumlah kawasan hutan lindung dengan keindahan alam yang menakjubkan. Kawasan hutan lindung ini biasa disebut sebagai taman nasional yang didalamnya terdapat flora dan fauna yang dilindungi. Salah satu taman nasional yang bisa dikunjungi yaitu Taman Nasional Meru Betiri Banyuwangi.

Wisata Taman Nasional Meru Betiri menjadi sebuah kunjungan perjalanan yang tidak akan pernah terlupakan bagi siapapun yang pernah menjajahkan kaki disini. Karena kawasan wisata ini tidak hanya menyajikan hutan lindung yang tampak asri melainkan juga keindahan alam pantai yang eksotis.

Berikut obyek wisata Taman Nasional Meru Betiri yang bisa dijadikan rekomendasi untuk saat liburan.

1. Pantai Bandealit

Pantai Bandelit merupakan pantai yang terletak di kawasan hutan lindung Meru Betiri. Pantai ini memiliki hamparan pantai yang cukup luas dan ombak yang begitu tenang. Udara di pantai ini pun sangat sejuk dan segar karena kealamian Pantai Bandelit masih terjaga kebersihannya dan kejernihan air dan pasir pantainya.

Di pantai ini kalian juga bisa melakukan olahraga air seperti berenang atau bahkan berkemah dipinggir pantai sambil menikmati sunset di sore hari.

2. Pantai Rajegwesi

Obyek wisata satu ini merupakan sebuah pantai yang menjadi tempat penghubung dua pantai cantik yaitu pantai Teluk Hijau dan Sukomade. Nama rajegwesi berasal dari kata Rajeg yang berarti tiang pancang dan kata Wesi berarti besi sehingga jika disatukan mengandung makna tiang pancang dari besi. Karena dulunya, pantai ini terdapat tiang pancang sebagai pertahanan laut tentara Jepang.

Rajegwesi Meru Betiri

Selain keindahan pantainya yang membuat jatuh hati ketika menikmatinya, disini kalian juga bisa melihat aktivitas warga setempat yang sedang membuat gula jawa.

3. Teluk Hijau

Pantai yang satu ini merupakan obyek wisata paling favorit bagi para wisatawan jika berlibur ke Kota Banyuwangi. Karena pesona kecantikannya membuat semua mata memandang terhipnotis melihatnya.

BACA JUGA: Info Lengkap Teluk Hijau Banyuwangi

Pantai dengan julukan Teluk Hijau ini memiliki air laut yang berwarna kehijauan yang disebabkan oleh alga yang tumbuh banyak dan hidup bergerombol di dasar pantai. Selain itu, hamparan batu karang menjulang tinggi dan besar yang berada dipinggir pantai membuat pantai ini sangat sangat eksotis.

Teluk_hijau Meru betiri

Untuk mencapai pantai ini kalian bisa menggunakan jalur darat yang lumayan membutuhkan ekstra tenaga untuk berjalan kaki atau memilih jalur laut dengan menyewa perahu nelayan yang ditempuh waktu kurang lebih 20 menit saja.

4. Pantai Sukamade

Destinasi satu ini merupakan sebuah pantai yang dikenal sebagai surganya penyu. Disini kalian bisa menyaksikan secara langsung bagaimana proses bertelurnya penyu atau juga mengikuti kegiatan pelepasan tukik (baby penyu) ke laut. Selain penyu, fauna lain juga bisa kalian temui jika kalian beruntung seperti harimau jawa, kijang, merak, macan tutul dan monyet.

Tidak hanya itu saja, di kawasan pantai Sukamade juga terdapat hutan mangrove yang didalamnya ada sungai yang biasa digunakan untuk mengamati berbagai jenis burunng seperti burung elang, dara laut, burung roko-roko dan burung-burung lainnya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Arsal Bahtiar (@arsalbahtiar)

Perlu dicatat, bahwa akses dari Banyuwangi menuju ke Pantai Sukamade membutuhkan perjuangan ekstra. Medan jalan terjal bebatuan serta tidak adanya jembatan memaksa semua pengunjung harus menggunakan kendaraan khusus 4 WD untuk mengarungi sungai-sungai secara melintang.

Siapkan fisik, mental, dan logistik Anda jika ingin berwisata ke Pantai Sukamade.

5. Gua Jepang

Salah satu gua peninggalan Jepang ini berada disisi tebing bagian barat Pantai Bandelit. Gua jepang ini berada di ketinggian 200 meter dan menjadi bangker untuk tentara Jepang di kala masa penjajahan dahulu. Terdapat pula tumpukan batu didepan gua yang diyakini sebagai benteng pertahan tentara Jepang.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Lokal Tour and Travel #1 Banyuwangi | Melayani paket tour wisata Banyuwangi murah, rental sewa mobil Banyuwangi | Telp/Whatsapp: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Kontak Kami

Anda juga bisa menghubungi kami melalui kontak berikut