Beranda » Tempat Wisata » Paket Wisata Alas Purwo Banyuwangi

Jika memang beberapa orang masih percaya bahwa kota Banyuwangi identik dengan klenik, maka tentu istilah santet adalah kata berikutnya yang tergambar di pikiran Anda. Adapun tempat keramat di Banyuwangi yang berhubungan dengan unsur mistis tersebut adalah nama Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi.

Sebentar! Kenapa Alas Purwo muncul nama depan Taman Nasional? Jawabannya karena memang sebenarnya tempat ini adalah salah satu obyek wisata yang memiliki beragam spot dan dijadikan tempat eksplorasi alam dalam rangkaian paket wisata Alas Purwo Banyuwangi.

 

Unsur mistis dan pariwisata, ternyata memiliki daya tarik tersendiri bagi para pelancong wisata spiritual. Wisatawan tersebut cenderung datang ke tempat-tempat religius untuk melakukan berbagai upacara ibadah yang mereka percayai. Dan Alas Purwo adalah salah satu tempat pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin berwisata religi sekaligus wisata alam.

Di Alas Purwo ada apa saja?

Jawabannya tentu bukan hantu atau sejenisnya, tapi akan kami jawab dari sudut pandang pariwisatanya bukan mistisnya.

Isitilah ‘alas’ dalam bahasa jawa itu berarti hutan. Karena memang tempat ini menjadi pusat produksi oksigen yang terlihat dari rimbunnya pohon-pohon di area wisata ini. Pohon-pohon tua dengan umur ratusan tahun yang memiliki diameter besar dan menjulang tinggi, menjadi salah satu pemandangan yang langka.

Bahkan beberapa wisatawan yang pernah berkunjung ke Hutan Amazon Amerika, disebutkan bahwa pemandangannya agak mirip, rimbunnya daun nyaris menutupi cahaya matahari turun ke tanah, sehingga terasa gelap.

Selain itu, Taman Nasional Alas Purwo juga merupakan area konservasi yang berada di wilayah Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di wilayah ujung tenggara kabupaten. Jika Anda lihat pada peta pulau jawa, maka Alas Purwo berada di ujung timur batas darat pulau jawa Indonesia.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Taman Nasional Alas Purwo (@tnalaspurwo) on

Alas Purwo baru-baru ini ditetapkan UNESCO sebagai geopark nasional dan cagar biosfer dunia. Penetapan menjadi Geopark tersebut harus memiliki 5 kriteria utama yaitu geologi dan bentang alam, struktur geopark, penafsiran bentang alam, pengelolaan potensi ekonomi, dan rencana pengembangan.

TN Alas Purwo ini memiliki perpustakaan flora hingga 700 jenis, mamalia 50 jenis, burung ada 320 jenis, amfibi 15 jenis, dan 48 jenis reptil.

Spot Wisata Alas Purwo

Jika menjadi obyek wisata yang berskala internasional, maka kita harus tahu apa saja yang ada di dalam tempat wisata Alas Purwo ini. Yaitu daftar spot-spot wisata utama di dalam area TN Alas Purwo sebagai berikut.

1# Padang Savana Sadengan

Sadengan adalah nama sebuah spot wisata di Alas Purwo dengan pemandangan berupa padang rumput atau savana. Sadengan menjadi pusat pengamatan hewan liar seperti Banteng pantat putih dan Sapi hutan. Selain itu, hewan seperti merak dan rusa seringkali muncul juga di area padang savana ini.

Savana Sadengan Alas Purwo Wisata Banyuwangi Selain Pantai

Di saat siang hari, Anda dapat mengamati hewan-hewan tersebut dari kejauhan dengan cara menaiki menara pantau serta menggunakan teropong. Hamparan luas padang rumput terlihat secara luas dari ketinggian.

Namun, kami sarankan Anda datang ke Savana Sadengan pada pagi (06:00 – 09:00 WIB) atau sore hari (15:00 – 1700 WIB). Waktu tersebut adalah waktu paling tepat untuk melihat satwa dalam jumlah banyak.

2# Pantai Trianggulasri

Pantai ini merupakan area spot pemandangan pantai lepas yang sangat bagus. Terutama saat momen sunset atau matahari tenggelam, disini adalah tempat keren untuk mendapatkan gambar instagrammable.

paket wisata alas purwo banyuwangi Sunset Trianggulasri

Lokasi spot ini juga memiliki area parkir luas, berpasir putih, tempat berkerumpulnya monyet. Terkadang beberapa masyarakat juga mencari kerang di sekitar pantai ini.

3# Pantai Pancur

Istilah pancur sebenarnya berasal dari aliran air sungai yang mengalir di dekat pantai ini membentuk pancuran. Dan tempat ini dikeramatkan oleh banyak orang yang melakukan ritual semedi dan lain sebagainya. Wajar jika Anda berada di sekitar pantai akan mencium wangi-wangian tertentu saat hari-hari keramat.

Pantai Pancur adalah akses terakhir kendaraan umum yang masuk ke area Alas Purwo. Pantai ini menjadi batas akses sebelum menuju ke arah timur, yaitu area Pantai Plengkung. Pantai ini memiliki view mirip Pantai Trianggulasri namun terdapat pemandangan sungai kecil yang bertemu dengan laut (daerah payau).

Area Pantai Pancur terdapat lokasi parkir kendaraan bermotor umum, kantin, pos Polisi Hutan, dan camping ground. Tempat ini juga menjadi persimpangan dari 4 obyek wisata lainnya.

  • Ke Utara arah ke Goa Istana dan goa-goa lainnya
  • Ke Barat arah kembali ke Pantai Trianggulasri, Savana Sadengan, dan pintu masuk
  • Ke Selatan arah ke Pantai Pancur
  • Ke Timur arah ke Pantai Plengkung (sewa kendaraan 4WD).

4# Pantai Plengkung

Salah satu pantai top di Banyuwangi yang terkenal dengan sebutan G-Land. Pantai ini dikenal oleh para peselancar dunia sebagai pantai dengan ombak terbaik nomor 2 setelah Hawai. Ketinggian ombak pada bulan-bulan tertentu mencapai 7-10 meter.

Wisata Banyuwangi Alas Purwo - Plengkung

Di pantai ini Anda akan melihat pasir gotri yang berukuran lebih besar dari pasir biasanya, burung elang yang terbang di ketinggian rendah, dan menara pantau sudut pandang sunrise of java.

5# Area Konservasi Ngagelan

Ngagelan adalah spot wisata area Alas Purwo yang sekaligus menjadi lokasi konservasi penyu. Ditempat ini petugas melakukan pengamanan telur penyu pasca ditelurkan semalam, proses penetasan, proses rilis kembali ke alam.

Wisata Banyuwangi Alas Purwo - Ngagelan

Ada 4 jenis penyu yang dapat ditemua di Ngagelan sebagai spesies yang mau bertelur di deretan pantai ini, yaitu penyu sisik, penyu belimbing, penyu lekang, dan penyu hijau.

Paket Wisata Alas Purwo Banyuwangi

Untuk mendapatkan pengalaman mengunjungi semua spot wisata tersebut, Anda perlu mengikuti rangkaian paket wisata Banyuwangi yang kami sediakan. Butuh waktu minimal 1 hari untuk mengeksplorasi spot-spot utama tersebut.

PariwisataBanyuwangi.com sebagai biro perjalanan wisata siap membuatkan rangkaian fasilitas wisata yang lengkap untuk kebutuhan Anda bersama rombongan. Berikut ini contoh itinerary wisata explore Alas Purwo.

Itinerary Paket Wisata Alas Purwo Banyuwangi

08:00 – Meeting Point: Banyuwangi
08:00 – Perjalanan ke Alas Purwo
10:00 – Eksplorasi: Savana Sadengan
11:00 – Eksplorasi: G-Land Plengkung
14:00 – Makan siang
15:00 – Eksplorasi: Ngagelan
18:00 – Kuliner
19:00 – Kembali ke Meeting Point

PAKET WISATA: Eksplore 4 Taman Nasional Banyuwangi

Informasi lengkap tentang harga, daftar fasilitas, akomodasi, dan jenis transportasi paket wisata ini, silahkan hubungi customer service kami


Penutup

Sebenarnya masih banyak spot wisata yang berada di area TN Alas Purwo, hanya saja lokasinya berjauhan dari gate pintu masuk utama seperti Pantai Bedul, Pantai Sembulungan, Teluk Biru, dan lain sebagainya. Namun, 5 spot wisata di atas adalah agenda paket wisata alas purwo Banyuwangi yang wajib Anda kunjungi.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi | Telp/Whatsapp: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Anda juga bisa menghubungi kami melalui kontak berikut