Beranda » Kuliner » Cao Menek, Minuman Tradisional Khas Banyuwangi

Anehkah nama tersebut? Ya, tentu bagi Anda yang bukan warga asli Banyuwangi pasti akan merasa aneh dengan nama Cao Menek. Dimana Cao Menek adalah nama dari minuman khas Banyuwangi yang sangat legendaris. Hanya saja kini minuman ini sudah jarang sekali ditemui masyarakat Banyuwangi kecuali di hari raya Idul Fitri.

Cao Menek adalah jenis minuman ringan dengan sajian sederhana dan memiliki rasa yang manis tapi gurih. Bagaimana bisa minuman terasa gurih? Itu karena terdapat campuran kacang bawang goreng di dalam minuman tersebut.

Cao Menek memiliki berasal dari 2 suku kata, yaitu Cao (Bahasa Jawa) yang berarti jenis makanan yang berada di dalam minuman, Menek (Bahasa Jawa) yang berarti mendaki. Jika digabung dari 2 suku kata tersebut, maka menjadi istilah makanan dalam minuman yang mendaki atau naik ke atas. Dan itulah peran kacang bawang yang mengapung sebagai ke-khas minuman ini.

Resep Cao Menek Minuman Khas Banyuwangi

Resep minuman ini sangat sederhana, bahkan dengan mudah Anda bisa membuat minuman ini kapanpun secara cepat saji. Berikut bahan-bahan yang Anda perlu siapkan:

  1. Air mineral
  2. Sirup manis
  3. Butiran es
  4. Kacang bawang goreng

Proses pembuatannya cukup mudah, cukup campurkan semua bahan tersebut dari nomor 1 hingga no 4 dalam satu gelas. Takarannya cukup dikira-kira saja, jika ingin manis maka bisa diperbanyak sirupnya. Kemudian campurkan beberapa butir kacang bawang ke atas minuman tersebut sehingga terlihat mengambang seperti gambar berikut.

Minuman Khas Banyuwangi Cao Menek

Anda bisa menyajikan dalam bentuk hangat (dengan air hangat) pula dengan tambahan jahe agar menimbulkan aroma wangi dan rasa mint yang segar.

Minuman ini biasanya dijadikan sebagai suguhan bagi tamu yang datang bersilaturahmi ke rumah selama masa lebaran Idul Fitri. Dan bila Anda ingin menikmati minuman tersebut di hari-hari biasa, Anda harus memesan ke resto-resto tradisional seperti di daerah Desa Adat Osing Kemiren Banyuwangi.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi. Melayani Paket Wisata Banyuwangi dan Travel Antar Kota Banyuwangi - Surabaya/Malang/Denpasar (PP). Hotline: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823 atau 081553-739-539. Email: [email protected]

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Info lebih lengkap, silahkan hubungi kontak berikut.

error: Hak Cipta Dilindungi!!!