Beranda » Berita » 4 Taman Nasional di Banyuwangi

Beruntung, Banyuwangi menjadi salah satu kabupaten di Indonesia yang dikeliling 4 Taman Nasional yang lokasinya berdekatan. Pantaslah jika pengembangan pariwisata daerah berjuluk The Sunrise of Java ini dapat berjalan dengan cepat dan pesat. Tuhan sudah mentakdirkan alam yang begitu mempesona dan kaya akan potensi wisata dengan pemandangan super indah. Berikut ini informasi tentang 4 Taman Nasional di sekitar Banyuwangi.

1# Taman Nasional Alas Purwo

Secara geografis, Taman Nasional Alas Purwo berada di ujung tenggara kabupaten Banyuwangi, tepatnya ada di wilayah Kecamatan Tegaldlimo. Taman Nasional Alas Purwo merupakan area konservasi hutan lindung dengan jumlah flora dan fauna yang sangat banyak.

Wisata Banyuwangi Alas Purwo - Plengkung

Meski banyak orang mengatakan bahwa tempat ini angker, namun dari beberapa spot yang ditawarkan dalam area Alas Purwo justru terlihat sangat indah dan menawan. Spot tersebut mulai dari Savana Sadengan, Pantai Trianggulasri, Pantai Pancur, Pantai G-Land Plengkung, dan Ngagelan. Belum lagi masih banyak situs-situs religi seperti Pura dan Goa-goa yang bisa Anda kunjungi.

Adapun satwa populer yang seringkali muncul di area ini adalah Banteng, Merak, Monyet, Biawak, Burung Cucak Ijo, Rusa, dan lain sebagainya. Sedangkan jenis tumbuhan yang tumbuh ada banyak macam, karena hutan ini bersifat hutan heterogen.

2# Taman Nasional Meru Betiri

Taman Nasional Meru Betiri ada di ujung barat daya Kabupaten Banyuwangi. Taman Nasional ini berbatasan dengan Kabupaten Jember secara langsung. Dan di area ini dikenal sebagai wisata perkampungan pedalaman. Daerah perkampungan tersebut dikenal dengan sebutan Sukamade.

Paket Wisata: Explore Sukamade

Sukamade dikenal sebagai area konservasi penyu hijau yang saat ini populasinya semakin langka. Anda harus berjuang dengan medan terjal agar bisa sampai di Sukamade. Jalan bebatuan, tanpa listrik, tanpa sinyal, dan segala sesuatu serba minim.

Sukamade Pantai Penyu

Adapun saat malam hari, Anda harus bersabar untuk bisa melihat penyu hijau mendarat di pantai Sukamade dalam proses bertelur. Ada banyak prosedur yang harus Anda ikuti jika ingin mengikuti trip ke Sukamade.

Spot wisata lain yang bisa Anda temui di area Taman Nasional Meru Betiri adalah Pantai Rajegwesi dan Teluk Ijo. Semua pantai ini adalah pantai alami yang masih terjaga dari kotoran sampah manusia. Masyarakat setempat kompak dalam melakukan perawatan tempat wisata.

3# Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran sebenarnya ada di daerah Kabupaten Situbondo, namun lokasi wisata ini berdekatan dengan batas utara Kabupaten Banyuwangi. Anda dapat menuju ke tempat wisata ini dalam waktu 1 jam dari pusat kota Banyuwangi.

Savana Bekol Baluran - Wisata Banyuwangi Bagian Utara

Baluran dikenal sebagai afrika-nya Indonesia karena memiliki salah satu spot wisata yaitu Savana Bekol. Savana Bekol adalah padang rumput yang memiliki pemandangan seperti gurun saat musim kemarau. Warna alam yang serba keabu-abuan membuat Anda serasa di gurun pasir yang panas dan terik. Karena itu wisata ini disebut sebagai little africa van java.

Spot wisata yang bisa Anda temui di area wisata ini ada Savana Bekol, Pantai Bama, dan Mangrove Trail. Semuanya bisa Anda dapatkan dalam satu area TN Baluran.

4# Taman Nasional Bali Barat

Pulau Dewata Bali, jangan hanya dipahami dan dijelajahi area selatan saja. Karena di daerah Bali bagian barat, masih terdapat surga tersembunyi yang bisa Anda jumpai. Salah satu area tersebut ada di Taman Nasional Bali Barat (TNBB).

Snorkeling Pulau Menjangan Ikan

TNBB memiliki pulau kecil yang sangat tersohor sebagai area wisata underwater, yaitu trip permainan air (snorkeling, diving, fishing). Anda bisa menemui berbagai jenis ikan di pulau kecil ini yang bernama Pulau Menjangan.

Paket Wisata: Snorkeling Pulau Menjangan dan Tabuhan

Pulau Menjangan dikelola oleh polisi air dengan sangat ketat, setiap kegiatan wisatawan yang berada di sekeliling pulau ini diawasi. Jangan sampai terjadi tindak perusakan terumbu laut dan biota air di dalamnya. Karena itu pemandangan bawah laut di area ini masih sangat terawat.

Adapun spot wisata yang bisa dikunjungi di area wisata ini adalah Pos Darat Pulau Menjangan, Area Snorkeling, dan Pura Ganesha.


Dapatkan harga spesial dari tour paket wisata Banyuwangi disini. Ada banyak rute yang kami tawarkan untuk Anda dan keluarga. Info lengkap cek di menu Paket Wisata Banyuwangi.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Ditulis oleh

Agen Lokal Tour and Travel Banyuwangi. Melayani Paket Wisata Banyuwangi dan Travel Antar Kota Banyuwangi - Surabaya/Malang/Denpasar (PP). Hotline: 0852-3434-2470 atau 081934-832-823 atau 081553-739-539. Email: travelbwicom@gmail.com

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Hak Cipta Dilindungi!!!