Beranda » Berita » 7 Tempat Wisata Banyuwangi Dekat Kawah Ijen

Siapapun yang berwisata ke Banyuwangi, tentu tak akan melewatkan kesempatan menemui keindahan wisata Kawah Ijen Banyuwangi beserta blue fire. Wisata ini menjadi populer dengan adanya fenomena blue fire yang langka hanya ada 2 (dua) tempat di dunia. Namun, tak ada salahnya jika Anda juga mampi ke beberapa tempat lain wisata Banyuwangi dekat Kawah Ijen seperti berikut.

BACA JUGA: Tips Pendakian Gunung Ijen Agar Tak Mudah Capek

7 Wisata Banyuwangi Dekat Kawah Ijen

1# Sungai Kalipahit

Sungai Kalipahit - Wisata Banyuwangi Dekat Kawah Ijen

Air terjun Kalipahit sebenarnya adalah sungai hasil luapan pertama dari Kawah Ijen. Sungai ini berada di sebelah barat Pos Paltuding dengan pemandangan air sungai bebatuan. Uniknya, sungai Kalipahit ini memiliki air dengan kandungan belerang yang tinggi sehingga banyak orang mempercayainya sebagai obat untuk penyakit kulit.

2# Kawah Wurung

Kawah Wurung - Wisata Banyuwangi Dekat Kawah Ijen

Kawah Wurung adalah wisata yang ada di daerah Kabupaten Bondowoso. Wisata ini menyajikan pemandangan mirip bukit teletubis berwarna kehijauan dengan padang rumput yang luas. Anda bisa sejenak mampir disini untuk berfoto selfie setelah melakukan pendakian Gunung Ijen semalam.

3# Desa Wisata Tamansari

Desa Wisata Tamansari merupakan desa yang berada di area Kabupaten Banyuwangi yang tepatnya berada di lereng sebelah timur Gunung Ijen. Desa ini memiliki potensi alam dan sosial yang luar biasa seperti kebun kopi, cengkeh, karet, serta coklat. Selain itu juga ada daerah peternakan sapi perah yang bekerjasama dengan PT Nestle yang dikenal sebagai Kampung Susu di Dusun Ampel Gading.  Kemudian juga terdapat Kampung Bunga yang berada di Dusun Jambu dan Kampung Penambang.

Di Desa Tamansari juga tumbuh lebih dari 50 (lima puluh) homestay buatan dari masyarakat setempat untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke Kawah Ijen. Dan disini bisa menjadi referensi tempat Anda menginap sebelum melakukan pendakian Gunung Ijen di tengah malam.

4# Perkebunan Kalibendo

Perkebunan Kalibendo merupakan daerah perkebunan produsen kopi di Banyuwangi. Perkebunan ini bisa menjadi lokasi wisata edukasi tentang kopi bagi para wisatawan. Ada banyak jenis kopi (Arabica, Robusta, dan Luwak) yang dijelaskan dan cara penanamannya, sehingga Anda akan mendapatkan tentang apa itu tumbuhan kopi.

5# Pemandian Taman Suruh

Taman Suruh - Wisata Banyuwangi Dekat Kawah Ijen

Taman Suruh adalah jenis wisata buatan yang berada di daerah Tamansari juga. Pemandian ini terkenal sebagai lokasi kolam renang dengan air gunung asli yang dingin dan segar. Taman-taman disekeliling area pemandian juga bisa digunakan untuk berteduh dalam kerindangannya.

6# Air Terjun Jagir

Air Terjun Kembar atau Jagir juga merupakan tempat wisata yang keren di Banyuwangi. Turun dari Ijen Anda bisa sebentar mampir ditempat wisata ini untuk berendam. Ada beberapa titik genangan air yang bisa Anda tuju sembari melepas lelah pasca pendakian.

7# Desa Adat Osing Kemiren

Desa Ada Osing Kemiren juga merupakan area wisata Banyuwangi dekat Kawah Ijen. Desa Kemiren menawarkan banyak kegiatan sosial budaya yang diselenggarakan Suku Osing. Mulai dari penampilan Tari Gandrung, Barong Ider Bumi, Musik Lesung, Kuliner Pecel Pitek, dan buah durian lokal.

BACA JUGA: 7 Fakta Unik Desa Adat Kemiren


Bagi Anda yang membutuhkan jasa paket wisata Banyuwangi dengan kemampuan bisa mengatur kegiatan perjalanan Anda dengan baik, segera hubungi kami. Dapatkan paket tour Banyuwangi dengan harga terbaik dan fasilitas terlengkap disini.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.

error: Hak Cipta Dilindungi!!!